Welcome!!!

Selamat datang di blog milik Ulfa Nennis Fungkiana!!!!!
Entah apa yang layak untuk dikatakan selain kata "selamat datang" untuk menyambut kalian,hehe..
Hhhh....
Jangan lupa tinggalkan pesan ya! Entah itu pesan moral,pesan singkat,pesan terakhir,atau apapun itu.hehe#banyak ngomong yah?#
Let's enjoy with meehh!!
^^

20120621

CARA MANYUSUN KALIMAT

CARA MENYUSUN KALIMAT



dalam B.Indo struktur kalimat itu S-P-O-K kan? nah kalau dalam B.Korea strukturnya ituK+S+O+P, tapi kali ini kita belajarnya S+O+P dulu ya (tanpa Keterangan)

PARTIKEL
untuk SUBJEK:
~i    ---> Subjek yg berakhiran Konsonan
~ga ---> Subjek yg berakhiran Vokal

untuk OBJEK:
~eul   ---> Objek yg berakhiran Konsonan
~reul  ---> Objek yg berakhiran Vokal

untuk PREDIKAT (K.Sifat/K.Kerja):
~mnida      ---> Predikat berakhiran Vokal dan R/L (ㄹ)
~seumnida ---> Predikat berakhiran Konsonan

CONTOH:
Saya Mendengarkan Musik (S-P-O)
jika diubah ke struktur bakor maka menjadi S-O-P: Saya Musik Mendengarkan

S : saya = je ---> tambah partikel ~ga, menjadi Jega
O : musik = gayo ---> tambah partikel ~reul menjadi Gayoreul
P : mendengarkan = deutda ---> gunakan partikel ~seumnida menjadi Deutseumnida

Saya Mendengarkan Musik = Jega Gayoreul Deutseumnida

PS: PREDIKAT selalu di letakkan di akhir kalimat

PERHATIKAN
Semua kata dasar dari Kata Sifat & Kata Kerja itu pasti berakhiran -da, seperti deutda, gongbuhada, mandeulda, babohada, dsb. (buktikan sendiri, lihat kamus Korea-Indonesia, KK & KS pasti semuanya berakhiran -da).
Saat kalian akan mengubah ke bentuk kalimat, maka HILANGKAN -DA nya, baru bisa diubah.
seperti DEUTDA hilangkan dulu -da nya maka menjadi DEUT, barulah diubah ke kalimat menjadi DEUTSEUMNIDA.

nah, untuk akhiran R/L (ㄹ) ini jadinya lost, disappear (so inggris banget)
si R/L ini jadinya hilang, misalnya kan MANDEULDA -> MANDEUL, nah L nya hilangkan jadi MANDEU, barulah MANDEUMNIDA.

CONTOH KALIMAT LAIN:
1. Saya membaca buku (S-P-O)
ubah ke struktur Bhs Korea menjadi S-O-P ---> Saya buku membaca
S : Saya = Je
P : Membaca = Ikda
O : Buku = Chaek
=> Jega chaekeul ikseumnida

2. Saya meminum air (S-P-O)
ubah ke struktur Bhs Korea menjadi S-O-P ---> Saya air meminum
S : Saya = Je
P : Meminum = Masida
O : Air = Mul
=> Jega mureul masimnida
(bisa muleul, bisa mureul, tetapi karna depan belakang pake ㄹ, maka dibacanya Mureul)

No comments:

Post a Comment